Selamat & Sukses Muscablub LPM Medan Labuhan, Harmaen Terpilih Sebagai Ketua

Belawan, NKRI News24jam.com  - Kegiatan acara Musyawarah Cabang Luar Biasa (Muscablub LPM Medan Labuhan berjalan lancar aman dan sukses dengan terpilihnya Ustad Harmaen sebagai ketua DPC.LPM Medan Labuhan periode 2024- 2027.Rabu siang (24/07/2024) berlokasi di  aula Kantor Luran Pekan Labuhan.

Turut berhadir Ketua DPD.LPM Kota Medan Rudi Suntari SA.g, Sekretarisnya Sufran Daulay, SE,  Ketua terpilih LPM Medan Labuhan Harmaen, Harsoyo Babinsa Pekan labuhan, Edi Surya Waka Polsek Medan Labuhan, Bhabinkamtibmas serta para kepengurusan LPM di 6 Kelurahan se- kecamatan Medan Labuhan.

Acara dimulai dengan pembacaan doa oleh Ustad Arman dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dipandu oleh Bu Samaria.


Kemudian kata sambutan dari Bungkus Harianto selaku ketua panitia mengucapkan terimakasih atas kehadirannya sehingga acara Muscablub LPM Medan Labuhan ini dapat terlaksana dengan baik.

Dilanjutkan dengan kata sambutan Kapolsek Medan Labuhan yang disampaikan Waka Polsek Medan Labuhan AKP.Edi Surya SH.

 ucapan selamat atas terlaksananya Muscablub DPC.Medan Labuhan, kami berharap bersama menciptakan situasi kondusif Kamtibmas, meski nantinya dalam musyawarah ada silang pendapat tapi ambilah hikmah pelajaran terbaik untuk dapat memahami masing- masing anggota LPM sesuai tupoksinya.

Pilihlah ketua dan pengurus yang bisa memberikan motivasi yang dapat memberikan yang terbaik bagi kepentingan masyarakat.

Tugas kita sebagai perangkat LPM itu agar dapat merencanakan apa yang dibutuhkan masyarakat baik di bidang sosial budaya ekonomi dan lainnya demi kemajuan di masyarakat itu sendiri.


Kemudian bimbingan dan arahan disampaikan Babinsa Pekan Labuhan Harsoyo.Dikatakannya,

Musyawarah ini luarbiasa berarti agak urgen sedikit , dan harapan kami agar musyawarah ini dapat berlangsung tertib meski ada perbedaan itu namanya biasa, jangan sampai terjadi bentrok antar sesama, siapun yang terpilih nantinya agar dapat mengemban amanah dalam menjalankan tugas kemasyarakatan.

Diharapkan LPM ini menjadi perpanjang tanganan dari masyarakat Medan Labuhan turut serta memberantas narkoba dan judi sebagaimana di daerah Pekan Labuhan ini dulunya sempat terkenal dengan istilah lokasi narkoba "kandang lembu".

Selanjutnya arahan dan bimbingan sekaligus membuka acara Muscablub disampaikan Ketua DPD.LPM Kota Medan Medan H.Rudi Suntari SA.g.


Dalam sambutannya, ia mendoakan semoga kegiatan Muscablub LPM Belawan ini dapat berjalan lancar dan sukses.

Dikatakannya, LPM ini sebagai lembaga strategis lembaga diluar pemerintah artinya kita membantu tugas pemerintah kepada masyarakat.

LPM itu mitra strategis yang sifatnya membantu jangan pula menggerogoti dan tugas kita mengingatkan kalau Pemerintah itu salah dan mendukung yang benar.

Pada kesempatan itu Rudi juga memaparkan sejarah berdirinya LPM yang struktur kepengurusannya sampai ke Pusat.


Menurut Ketua DPD LPM Kota Medan Rudi Suntari SA,g menyampaikan, LPM lahir pada tahun 2000 sebelumnya namanya LKMD dan Lembaga sosial Desa gunanya untuk menyerap dan mengulurkan aspirasi dan usulan di masyarakat.

Sejarah lahirnya LPM berdiri sesuai Kepres tahun 1980  namanya LKMD (Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa) organisasi ini berlangsung lama sampai 1999 dan di tahun 2000 namanya LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) yang tujuanya menyusun rencana strategis masyarakat yang ada di Kelurahan atau Desa.

LPM perpanjangan tangan dari masyarakat makanya harus terlibat dalam Musrenbang.

Ia menegaskan bahwa LPM itu tetap satu badan yang ada memiliki legalitas, LPM kita sudah kita urus sampai Kesbangpol agar ada legalitas dan kekuatan hukumnya.


Syukurnya di Medan Labuhan ini Camatnya cerdas bisa menerima keberadaan LPM disini.

Ide cerdas mereka LPM Medan Labuhan nantinya bagaimana bisa mencarikan CSR dari sejumlah perusahan- perusahan yang ada di Medan Labuhan, agar LPM ini bisa menjalankan programnya bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Bagaimana membuat UKM dan pemberantasan narkoba, kita berharap kader-kader LPM yang benci terhadap lajunya narkoba yang ada di kota Medan ini.


Jadi oleh karena itu kita yakin pada ayahanda Harmain dapat memimpin LPM untuk Medan Labuhan.Tutup Rudi Suntari sembari membuka Muscablub LPM Medan Labuhan.

Sementara itu saat diwawancarai Ketua terpilih secara aklamasi Ketua DPC.LPM Medan Labuhan masa periode 2024 hingga 2027 mengatakan, 

Semoga kepengurusan LPM Medan Labuhan yang semuanya terdiri dari 6 Kelurahan nantinya dapat bersinergi bekerjasama dan juga berkolaborasi pada masyarakat yang ada di kecamatan Medan Labuhan untuk dapat juga mensukseskan program- program Pemerintah.


Kita sebagai mitra di kecamatan Medan Labuhan dapat bersama- sama untuk dapat menjalankan program Pemerintah dan sekaligus mengawasi.

Disamping itu juga kita mempunyai misi dan visi, terutama meningkatkan taraf hidup masyarakat yang tertinggal di kawasan Medan Utara khususnya di Kecamatan Medan Labuhan.


Apalagi berdasarkan riset menyatakan pendapatan dari masyarakat Medan Labuhan masih terendah dari kecamatan lainnya.

Namun kita percaya bahwasannya, dengan misi dan visi kita, kalau di daerah lain sumber dayanya hanya ada tanah yang memerlukan biaya dan sebagainya untuk pengelolaanya, tapi khusus di Medan Labuhan ada 3 Kelurahan yang berhubungan langsung dengan laut dan pantai yang tak ada satu manusia pun yang dapat menetaskan satu telur pun.

Berdasarkan adanya tulisan riset dari Jerman menyatakan kalau laut pesisir pantai kita dapat menghidupkan 200 juta dari masyarakat agar dapat makmur bila laut dan pesisirnya dikelola dengan baik.


Jadi apakah visi dan misi LPM kita ini dapat diwujudkan? Insyaallah karena kita semuanya menginginkan pembaharuan dan kemajuan, karena kita tahu saat ini laut dan lingkungan kita sudah sangat rusak.


Jadi bagaimana LPM kita ini dapat sebagai peloporlah dan dapat menjadi barometer pada kecamatan- kecamatan lainnya sekota Medan, bagaimana LPM Medan Labuhan dapat berjaya dalam mensukseskan program pemerintah dan mewujudkan hasrat dari masyarakat itu sendiri.Ungkap Harmaen.

Ia berpesan marilah kita semuanya bersinergi satu dengan yang lain dapat mengubah imej LPM yang lebih baik lagi, tahap awalnya mari kita , masuk ke mesjid- mesjid dan bersilaturahmi dengan seluruh organisasi - organisasi yang ada." Tutup Ustad Harmaen.(Sri Astuti /red).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Warga di Raja.Lama Pekan Labuhan Ludes Diamuk Sijago Merah

Mujiono Terpilih Lagi Menjadi Ketua PP Kelurahan Terjun Secara Aklamasi

PUJAKETRUB Siap Dukung Menangkan Edi- Hasan Menuju Sumut 1