Kolaborasi 3 Pilar Kebangsaan Bersama LPM Marelan, Tomas dan Toga Mewujudkan "Kampung Pancasila"di Marelan

Medan Marelan, NKRI News24jam.com - Dalam rangka turut serta dalam ketahanan pangan nasional di masyarakat serta rencana perlombaan terwujudnya Kampung Pancasila, Koramil 0201- 10/ MM bersama unsur muspika Medan Marelan, LPM Medan Marelan dan tokoh masyarakat dan agama mewujudkan " Kampung Pancasila" di Jalan Kapten Rahmad Buddin Gg.Sawo Lingkungan 2 Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan.


Pada Jumat pagi (26/07/2024) mulai pukul  09.00 WIB tadi dilaksanakan pertemuan dialogis di aula kantor Koramil 0201-10 Medan Marelan.

Pertemuan 3 pilar kebangsaan bersama unsur kemasyarakatan LPM Medan Marelan dan tokoh masyarakat dan tokoh agama guna membahas terwujudnya Kampung Pancasila.


Hadir dalam pertemuan di Aula Koramil 10 Medan Marelan tersebut masing- masing, Surianto selaku anggota DPRD Kota Medan dari Partai Gerindra, Dan Ramil 0201-10 Medan Marelan, Kapten Infantri Rahimin, Kapolsek Medan Labuhan Kompol PS. Simbolon, Camat Medan Marelan Ananda Sulung, STTP bersama Sekcam, Ketua LPM Medan Marelan Henderitan beserta Sekretarisnya Andi Emsah, Bhabinkamtibmas Terjun Amril, GM FKPPI, PPPAD (Persatuan Putra Putri Angkatan Darat), Lurah Terjun, Tokoh masyarakat dan agama Ustad Fauzi Sunara, Kepling 2 Kelurahan Paya Pasir beserta Kepling lainnya.

Usai mengelar pertemuan, selanjutnya rombongan 3 pilar kebangsaan bersama LPM Medan Marelan, tokoh  masyarakat dan tokoh agama dan Pemuda tersebut meninjau lokasi Kampung Pancasila.


Ternyata di Kampung Pancasila sudah ada pembuatan posko penjagaan kampung Pancasila dan terlihat hamparan lahan pertanian yang sudah ditanami sayur bayam hijau dan bayam merah dan tak kalah menariknya di lokasi Kampung Pancasila juga sudah tersedia rumah Hidroponik sejenis sawi yang sudah dapat tumbuh diantara pipa paralon yang sudah dibolongi atau dimodifikasi.

Disela kunjungannya, saat diwawancarai awak media ini,  Kapten Infantri  Rahimin menjelaskan, Kampung Pancasila lahir


Berdasarkan adanya surat keputusan Kasad nomor Kep/848/XII/2022/tanggal 7 Desember 2023 tentang petunjuk pelaksana program kerja bahwa Kodim 0201 menunjuk Koramil 10 /MM untuk menyiapkan kampung Pancasila di Medan Marelan.

Di dalam Kampung Pancasila disini sudah ada lahan pertanian,  tempat pengajian, ada juga tanaman Sawo, tanaman Hidroponik, serta tanaman yang berkaitan dengan program ketahanan pangan, Ujar Danramil 10 Medan Marelan tersebut.

Sementara itu, Surianto selaku anggota DPRD Kota Medan dari Partai Gerindra yang berhadir di lokasi Kampung Pancasila mengatakan, kami sebagai masyarakat berterimakasih sudah ada program Kampung Pancasila ini, kami berharap langsung diedukasi seluruh masyarakat yang ada di Kampung Pancasila ini biar bisa mandiri, bisa beredukasi, bisa mereka menerapkan sebagai contoh di kecamatan Medan Marelan.


Dengan kehadiran kampung Pancasila ini diharapkan pertama bahwa masyarakat tau warga di lingkungan Kampung Pancasila yakni Lingkungan 2 Kelurahan Paya Pasir Medan Marelan ini bisa mandiri baik itu secara ekonomi, mandiri dalam pemberantasan narkoba, atau edukasi SDM masyarakat untuk wawasan kebangsaan.


Ditambahkan Camat Medan Marelan Ananda Sulung STTP mengatakan bahwa ini merupakan kegiatan luar biasa baik, jadi kami dari Forkopimcab Medan Marelan bahwa Kampung Pancasila ini merupakan karya kolaborasi kami dari tokoh adat, tokoh masyarakat, 3 pilar kebangsaan siap disini untuk mensukseskan terwujudnya kampung Pancasila dan kedepannya kami mendapat amanah dari tokoh masyarakat untuk tetap meneruskan dan mengembangkan tempat ini sebagai tempat edukasi untuk generasi selanjutnya.Jelas Camat Medan Marelan.

Kemudian Kapolsek Medan Labuhan Kompol P S Simbolon, SH mengatakan, kami dari kepolisian sangat mendukung dengan pembentukan kampung Pancasila ini, ini sebagai wujud untuk menjaga wilayah ini bisa tertib aman dan dapat mengedukasi masyarakat di wilayah ini untuk lebih peduli terhadap lingkungannya, karena disini kita lihat sendiri ada masalah ketahanan pangannya, menjaga keamanannya, sehingga nantinya wilayah ini menjadi contoh, bagi lingkungannya yang lain atau Kelurahan yang lain menjadi kampung tangguh.


Dalam pesan Kamtibmasbya agar wilayah ini nantinya menjadi contoh kedepan dan sama- sama menjaga jadilah warga ini menjadi polisi pada dirinya sendiri sehingga kita dapat menjadi polisi kepada yang lainnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah itu sendiri.Pesannya.

Sementara itu Ketua LPM Medan Marelan Henderi Tan berharap Kampung Pancasila ini dapat menjadi contoh bagi Kelurahan lain juga agar bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitarnya.


Kita juga berharap di Kampung Pancasila ini nantinya dapat mengembangkan potensi perikanan, potensi pertanian, " Peran serta LPM Medan Marelan nantinya kita siap membantu dan bekerjasama dengan Forkompicam Medan Marelan untuk kedepannya supaya Kampung Pancasila ini benar benar bermanfaat bagi masyarakat dan sebagai Kampung percontohan, Harapnya.

Sedangkan tanggapan  dari Fauzi Sunara selaku tokoh masyarakat dan tokoh agama Medan Marelan mengatakan, adanya Kampung Pancasila berarti mensyukuri nikmat Allah yakni menyeimbangkan.lahan tidur menjadi lahan produktif sehingga ini akan menjadi membesarkan hingga bermanfaat sehingga nanti kedepannya Allah akan memberikan nikmat nikmat yang lain ketika nikmat yang seperti ini kita syukuri, ikut berproduksi pertanian bagi masyarakat serta memberikan wawasan dan edukasi bagi masyarakat dimana sebelumnya belum tahu menjadi tahu.


Karena terkadang lahan kita disini sangat banyak bila dibandingkan di Jawa dan di Jakarta dan lahannya kering kering.Tapi lahan kita disini seimbang ada hujannya dan panasnya sehingga ini dikelola oleh pejabat pemerintahan dibantu oleh masyarakat sehingga muncul nanti nikmat nikmat dari Allah dari langit maupun dari bumi, Tutup Ustad Fauzi Sunara sembari mengucapkan Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Kegiatan peninjauan lokasi lahan Kampung Pancasila ditutup dengan kegiatan berfoto bersama sebagai dokumentasi kegiatan.(Sri/red).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Warga di Raja.Lama Pekan Labuhan Ludes Diamuk Sijago Merah

Mujiono Terpilih Lagi Menjadi Ketua PP Kelurahan Terjun Secara Aklamasi

PUJAKETRUB Siap Dukung Menangkan Edi- Hasan Menuju Sumut 1