Usia Boleh Senja, Semangat Tetap Muda, Itulah Dia Kek Munawar Berbudidaya Tambak Ikan di Seruwai


Medan Labuhan, NKRI News24jam.com
- Adalah Kek Munawar yang kini berusia 80 tahun yang biasanya seumur beliau banyak yang hanya bisa terduduk dan terbaring lemas menanti ajal menjemput.

Namun tidak bagi Kek Munawar meski diusia senja ia tetap bersemangat dalam mengelola berbudidaya tambak ikan yang sejak tahun 1980 dirintisnya.

Dari lahan tidur yang dulunya semak belukar di kawasan Seruwai Kelurahan SeinMati Medan Labuhan Kota Medan, kini kawasan yang dirintisnya tersebut sudah banyak berubah menjadi kawasan tambak ikan dan udang secara alami.

Saat ditemui langsung awak media online ini.Minggu (19/02/2023) Kakek bercucu 12 dan 5 orang mantu ini tampak tetap tegar berendam dalam air kolam dalam memperbaiki saluran pintu air kolam tambak yang dimilikinya tersebut.

Keseharian Kek Munawar  tetap beraktivitas sebagai nelayan petambak ikan bahkan lahan kolam yang dikelolanya saat ini juga dikenal sebagai kolam pancing Kek Munawar di kawasan Seruwai dengan tarif bagi pemancing masuk ke kolamnya hanya Rp50 ribu sudah bisa memancing ikan sepuasnya seharian penuh.

Ikan dalam kolam Kek Munawar juga terbilang ikan berkelas ada ikan Bandeng, ikan Mujahir, Ikan Siakap, Ikan Badau serta jenis ikan air tawar yang ukurannya saat ini sudah besar karena usia kolam terbilang sudah puluhan tahun lamanya.

Dari pengakuan Kek Munawar, dulunya ia merupakan seorang pegawai di instansi PJKA (Perusahaan Jasa Kereta Api) Medan Labuhan, sejak pensiun ia mulai membuka lahan untuk budidaya kolam ikan di kawasan Seruwai Medan Labuhan.

Berawal dari hobinya tersebut ia juga dikenal dalam organisasi Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) sebagai ketua untuk Kecamatan Medan Labuhan.

Berkat kegigihannya dalam mengelola lahan tidur menjadi lahan budidaya ikan dan udang itulah akhirnya lokasi Kek Munawar dijadikan sebagai lokasi Percontohan budidaya ikan air tawar dan payau bahkan Walikota Medan maupun pejabat Dinas Perikanan setingkat Gubenur juga pernah datang ke lokasi kolam Kek Munawar.

Lokasi kawasan tambak nan asri dan sejuk milik kek Munawar itu juga banyak dikunjungi dari kalangan komunitas pencinta sosial dan pecinta alam sembari dapat menikmati hamparan hutan bakau di sepanjang tanggul kolam pancing.

Tak sampai disitu, di kolam pancing Kek Munawar juga ada pondok singgah khusus untuk pengunjung dan pemancing yang senang bernyanyi berkaroke ria.

Sebagaimana yang diakui salah seorang pengunjung bernama Iqbal Surbakti dan Rahmad mengatakan, kalau kawasan seluas lebih kurang 5 hektar yang dikelola Kek Munawar di Seruwai tersebut sudah layak Pemko Medan menjadikannya sebagai lokasi wisata bahari.

Karena selain suasana hutan bakau nan hijau dapat memanjakan dan menyejukkan mata untuk memandangnya ditambah adanya kolam pancing alam ini dapat menjadi icon parawisata akternatif bagi warga kota Medan.

Apalagi kawasan pesisir ini sangat cocok untuk dilestarikan menjadi salah satu kawasan ekonomi wisata bagi kota Medan.Ungkap Ikbal Surbakti yang juga dikenal.sebagai tokoh masyarakat pemerhati lingkungan dan pelestarian seni adat budaya Sumut.(Mnw/Mdn).


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Warga di Raja.Lama Pekan Labuhan Ludes Diamuk Sijago Merah

Mujiono Terpilih Lagi Menjadi Ketua PP Kelurahan Terjun Secara Aklamasi

PUJAKETRUB Siap Dukung Menangkan Edi- Hasan Menuju Sumut 1