Tolong... Rumah Warga di Pinggir Sungai Belawan Hamparan Perak Nyaris Abrasi

H.Perak, NKRI NEWS - Sejumlah rumah warga tampak nyaris longsor di pinggir sungai Belawan.

Kondisi memprihatinkan itu akibat abrasi yang terjadi dipinggiran sungai Belawan di beberapa desa seputaran Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang sangat mencemaskan. 

Dikhawatirkan kikisan tanah akibat air deras bakal memakan korban jiwa, Senin  (04/01/2021).

Abrasi akibat derasnya air sungai akibat banjir meliputi beberapa bibir sungai di Desa Klambir Lima Kebun, Desa Klambir Lima Kampung, Desa Sialang Muda, Desa Klumpang Kampung, Desa Klambir, Desa Hamparan Perak serta Desa Sei Baharu.

Rata-rata kikisan tanah oleh air berkisar 5 meter bahkan ada yang lebih di sisi kanan kiri sepanjang sungai Belawan yang melintasi kawasan desa di Kecamatan Hamparan Perak.

Seperti kata Nek Indun (67) warga Dusun 2, Desa Klambir Lima Kampung, warga sangat cemas setelah terjadinya banjir besar akhir tahun kemarin. Banyak rumah warga di bantaran sungai Belawan yang rusak berat.

“Luapan air sungai yang deras tahun kemarin membuat dapur kami jadi terbongkar lantainya. Keluarga disini khawatir rumah nenek amblas ke sungai,” kata Nek Indun kepada wartawan.

Lain halnya Munah (35) warga Klambir, dirinya cemas terhadap saudaranya yang bertemoat tinggal di bantaran sungai.

“Posisi rumah sepupuku telah miring ke sungai akibat tonggak rumahnya turun kebawah,” ungkap Munah.

Terpisah, akibat abrasi beberapa kawasan bantaran sungai Belawan di dusun 3 dan Dusun 5 Desa Klambir telah amblas ke sungai.

Parahnya abrasi sampai menghilangkan akses jalan darat bantaran sungai menuju daerah wisata Beting Kepah di Desa Sei Baharu Hamparan Perak.

Ketua Payung Bertuah Iman Hidayat berharap agar Pemerintah khususnya Badan Wilayah Sungai Sumatera II segera turun ke lokasi sungai Belawan yang terus melebar akibat abrasi.

“Pemerintah harus segera merespon dan mengambil tindakan akibat abrasi di sungai Belawan, karena imbasnya telah sampai kepada warga,” ucap Iman Hidayat yang juga mantan wakil rakyat.(jk/Hpr).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Warga di Raja.Lama Pekan Labuhan Ludes Diamuk Sijago Merah

Mujiono Terpilih Lagi Menjadi Ketua PP Kelurahan Terjun Secara Aklamasi

PUJAKETRUB Siap Dukung Menangkan Edi- Hasan Menuju Sumut 1