Harga Kerang Melonjak Capai Rp30 Ribu

NKRI NEWS24JAM- Pasaran harga kerang belakangan ini melonjak akibat pasokan minim.

Dari biasanya Rp15 ribu perkilogramnya kini sudah mencapai Rp30 ribu perkilogramnya untuk kerang jenis kerang batu sedangkan kategori kerang bulu sudah mencapai Rp20 ribu perkogramnya.

Bu Aida (54) Pedagang kerang kerang yang kerap mangkal di dekat jembatan sungai deli jalan Medan Belawan mengaku, kenaikan harga kerang akibat kian minimnya pasokan kerang dari kalangan nelayan pencari kerang di laut bahkan.pasokan kerang tambak juga sudah jarang datang.

"Meski minim, pedagang disini memasok kerang asal tangkahan Bagan Deli itupun dibeli dengan harga kisaran Rp25 ribu perkilogramnya, gimana kami tak naikkan harga pada para pembeli,"ungkap Bu Aida saat ditanyai disela-sela ia menawari dagangan kerangnya tersebut.

Terpisah, salah seorang petambak kerang bernama Faisal Nasution mengaku kegiatan budidaya tambak kerang yang kini dikelolanya hanya mampu untuk bertahan hidup akibat adanya pencemaran air limbah.

Selain persoalan limbah kata Faisal, masalah pemasaran hasil panen kerang juga belum ada tempat pemasaran yang pasti melainkan masih mengandalkan pemasaran dari para pedagang kerang yang datang kesini dengan harga jual penolakkan kerang kasar Rp28 ribu perkilogramnya sedangkan untuk jenis kerang yang diambil kecil nantinya setelah disortir akan dikembalikan kembali ke lokasi tambak kerang menunggu masa pertumbuhan kerang hingga besar.

Masalah bibit kerang juga masih membeli dari kawasan Riau sebab bibit kerang belum ada dijual di kawasan Medan.Ujar Faisal mengakhiri.(red/Mrl).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Warga di Raja.Lama Pekan Labuhan Ludes Diamuk Sijago Merah

Mujiono Terpilih Lagi Menjadi Ketua PP Kelurahan Terjun Secara Aklamasi

PUJAKETRUB Siap Dukung Menangkan Edi- Hasan Menuju Sumut 1